Doa Memohon Kesucian Jiwa


Doa Memohon Kesucian Jiwa - Doa adalah sebuah permintaan kita kepada Allah SWT, atas apa yang kita alami, kita takuti ataupun kita perlukan, karena dengan berdoa hati akan menjadi tenang.

Ada sebuah doa yang baik menurut saya, yaitu meminta agar jiwa ini menjadi suci, sehingga lahirlah sebuah kasih sayang Allah, dan kemuliaan akhlak kita, di dunia maupun di akhirat, dan doanya adalah sebagai berikut:

Doa Memohon Kesucian Jiwa


Doa Minta Kesucian Jiwa

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ اللَّهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَنْ زَكَّاهَا أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلاَهَا اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَ تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ يُسْتَجَابُ لَهَا

Artinya:
Ya Allah Subhanahu wa Ta’ala , aku berlindung kepada Engkau dari kelemahan, sifat malas, sifat pengecut, bakhil, pikun dan siksa kubur. Ya Allah Subhanahu wa Ta’ala, anugrahkan kepada kami ketaqwaan jiwa. Sucikanlah, Engkau adalah sebaik-baik dzat yang mensucikannya. Engkau adalah pelindung dan penjaganya. Ya Allah Subhanahu wa Ta’ala, aku berlindung kepada Engkau dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak pernah khusyuk, jiwa yang tidak pernah puas dan doa yang tidak dikabulkan.

(HR. Muslim no: 2722 dikutib dari fiqh al ad`iyah wa al adzkar)

Didalam doa tersebut kita meminta perlindungan dari Allah, karena hanya Allah saja yang bisa melindungi kita, tidak ada hal yang terjadi melainkan dapat izin dari Allah, dan tidak ada yang terjadi juga karena kehendak Allah.

Maka dari doa itu kita meminta perlindungan dari sifat malas, sifat pengecut, sifat bakhil, pikun dan yang paling penting adalah kita meminta perlindungan dari siksa kubur.

Menurut saya sih sudah jelas dan lengkap karena sifat-sifat negatif tersebut adalah sifat-sifat yang kurang baik, contohnya saja adalah “MALAS”, ini adalah sifat syetan, mau sholat malas, mau ngaji malas, mau puasa malas, mau ini-itu malas, akhirnya kita jadi orang yang malas dan merugi.

Tapi kalau kita meminta perlindungan agar tidak jadi orang malas, maka apapun mudah kita raih, mau sholat semangat, mau ngaji ayo, mau puasa oke, dan lain-lain.

Baiklah demikian segelintir penjelasan doa meminta kesucian jiwa ini, yang saya sadari penjelasan ini ada salahnya, jadi saya mohon maaf.

Jika Anda ingin menyampaikan masukkan, silahkan email saya di box kontak ya, dan izin kan kami agar terus istiqomah, sampai jumpa dan terimakasih sudah berkunjung.

Wassalam.