Bacaan Tahiyat Akhir Yang Benar Dan Terjemahannya

Kumpulan Doa Islam – Bacaan tahiyat akhir adalah bacaan terakhir yang kita baca sebelum kita melakukan salam. Untuk posisi saat membaca doa tahiyat atau tasyahud akhir ini adalah dengan pantat kita langsung menyentuh tahan dengan posisi kaki kiri yang masuk kebagian kaki kanan, serta jari pada posisi kaki kakan tetap dalam posisi menekan kedalam tanah.

Secara medis manfaat gerakan sholat untuk tubuh sudah banyak dijelaskan keajaibannya, dan banyak sekali non-muslim yang berbondong-bondong masuk agama Islam hanya dengan mereka mengerti manfaat dari gerakan tersebut.

Sebagai umat muslim kita wajib hafal seluruh bacaan dalam sholat, mulai dari doa pembuka/iftitah sampai tahiyat akhir, dan untuk kali ini kami akan membahas bacaan tasyahud akhir secara lengkap, dan jika penasaran seperti apa bacaan tahiyat akhir itu, yuk simak ulasan kami berikut ini.

Bacaan Tahiyat Akhir Yang Benar Dan Terjemahannya


Bacaan Tasyahud (Tahiyyat) Akhir Lengkap



ATTAHIYYAATUL MUBAAROKAATUSH SHOLAWAATUT TOYYIBAATULILLAAH ASSALAAMU'ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WAROHMATULLOOHI WABAROKAATUHU ASSALAAMU'ALAINAA WA 'ALAA 'IBAADIL-LAAHISH-SHOOLIHIINA. ASYHADU ANLAA ILAAHA IL-LALLOOH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSUULULLAAH. ALLOOHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN. KAMAA SHOL-LAITA 'ALAA SAYYIDINAA IBROOHIIMA WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA IBROOHIIMA WABAARIK 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA BAAROKTA 'ALAA SAYYIDINAA IBROOHIIMA WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA IBROOHIIMA FIL 'AALAMIINA INNAKA HAMIIDUN MAJIIDUN

NB. Menurut kajian yang pernah saya ikuti untuk bacaan “SAYYIDINAA” bisa dihilangkan.

Artinya :
Segala penghormatan yang berkat solat yang baik adalah untuk Allah. Sejahtera atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta keberkatannya. Sejahtera ke atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah pesuruh Allah. Ya Tuhan kami, selawatkanlah ke atas Nabi Muhammad dan ke atas keluarganya. Sebagaimana Engkau selawatkan ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim. Berkatilah ke atas Muhammad dan atas keluarganya sebagaimana Engkau berkati ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim di dalam alam ini. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung.

Demikian lafadz bacaan tahiyyat (tasyahhud) akhir lengkap arab, latin dan artinya, setelah selesai membaca tasyahud akhir ini maka Anda tinggal melakukan salam agar seluruh ibadah kita selesai, jadi sebelum salam jangan lupa untuk membaca bacaan tasyahhud akhir ya.

Subscribe to receive free email updates: