Kumpulan Doa-doa Mustajab, Doa yang Cepat Dikabulkan oleh Allah SWT

Kumpulan Doa Islam – Mencari atau mendapatkan doa-doa yang mustajab/mujarab adalah hal yang paling diinginkan untuk didapatkan oleh semua orang dimuka bumi ini, karena hanya dengan berdoalah kita meminta seluruh kebutuhan kita agar dapat dikabulkan oleh Allah SWT. 

Ada banyak hal agar doa-doa mustajab bisa cepat dikabulkan oleh Allah SWT, seperti doa anak sholeh, doa-doa anak yatim, doa orang yang terbangun di tengah malam, atau doa yang diucapkan oleh orang yang teraniaya.

Nah agar tidak penasaran bagaimana doa yang mustajab itu berikut adalah kumpulan doa-doa mustajab(Doa yang cepat terkabul).

Doa-Doa Yang Mustajab

Doa Mustajab - Doa Seorang Muslim Untuk Saudaranya Tanpa Dia Ketahui
Diriwayatkan dari Abu Darda’ ra., bahwasanya ia berkata,
“Apabila seorang Muslim mendo’akan saudaranya tanpa sepengetahuannya, maka pasti malaikat yang ditugaskan (kepadanya) akan mengucapkan, “Engkaupun akan mendapatkan yang semisalnya”. (HR. Muslim)

Doa Mustajab - Doa Orang Yang Teraniaya
Doa orang teraniaya adalah doa yang paling dekat, sampai-sampai tidak ada hijab antara kita dengan Rabb kita, sebagai mana sabda nabi berikut:
Ketika Rasulullah SAW mengutus Mu’adz ke Yaman, beliau bersabda kepadanya, “Takutlah kalian terhadap do’a orang yang dizhalimi, karena tidak ada hijab antara do,a itu dengan Allah” (HR. Bukhari)

Doa Seorang Musafir, Doa yang Mustajab
Seorang yang berpergian, hendaklah ia memperbanyak doa, karena doa dari orang yang sedang berpergian(musafir) adalah doa yang musjatab, sebagaimana sabda Nabi berikut:
Dari Abu Hurairah ra., ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Ada tiga do’a mustajab yang tidak diragukan lagi, yaitu do’a orang yang teraniaya, do’a musafir, dan do,a orang tua untuk anaknya” (HR. Tirmidzi, dll. Dinilai hasan oleh al-Albani)

Doa Orang Tua Untuk Anaknya - Doa Mustajab
Orang tua adalah orang yang berjasa sekali dalam kehidupan kita, dan Allah telah memberikan hak istimewa-Nya kepada Beliau dengan doa yang Insya Allah dikabulkan jika mendoakan sang buah hatinya, maka oleh sebab itu, selagi kita punya orang tua, kita mintalah doa sebanyak-banyak untuk urusan dunia sampai akhirat kita.

Doa Orang Yang Berada Dalam Keadaan Darurat
Ketika kita dalam keadaan darurat seperti motor mogok, lampu mati atau lain-lain, maka disarankan untuk memperbanyak doa, karena sudah jelas Allah berfirman dalam surat An-Nahml ayat 62 dijelaskan seperti berikut

“Atau siapakah yang memperkenankan (do’a) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdo’a kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya)”. (QS. An-Naml 27: 62)

Nah kalau kita sedang dalam keadaan darurat jangan sungkan-sungkan untuk minta ke Allah ya.

Doa Orang Yang Tidur Dalam Keadaan Suci Dan Berdzikir
Orang yang menjaga kesuciannya memang sangat dekat sekali dengan Allah, bahkan para malaikat pun ikut menjaganya, karena ada hadits dari Nabi yang menjelaskan seperti berikut

 “Apabila seorang muslim tidur dalam keadaan berdzikir dan suci, lalu terbangun di malam hari, kemudian berdo’a kepada Allah SWT meminta kebaikan dunia dan akhirat, maka pasti Allah akan memberikan kepadanya”. (HR. Abu Dawud dan Ahmad, dinyatakan Shahih oleh al-Albani)

Hmm, yuk kita istiqomahkan wudlu dulu sebelum tidur, agar kita mendapatkan Rahmad dan ampunan dari Allah serta urusan kita bisa diselesaikan lewat campur tangan Sang Pencipta.

Doa Anak Shaleh, Doa yang Mustajab
Disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra.,
“Apabila manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang shalih yang mendo’akan orang tuanya” (HR. Muslim)
Dengan ini mari kita berlomba-lomba menjadikan anak kita sebagai anak yang sholeh, agar ketika kita sudah meninggalkan dunia ini, ada sebuah doa yang dipanjatkan kepada kita, sehingga  dosa-dosa kita dapat diampuni oleh Allah SWT, Aamiin.

Berdoa dengan menyebut Asmaul Husna
Asmaul Husna sangat banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah dibuat untuk berdoa, dan InsyaAllah ini adalah dalil nya ya, semoga dengan dalil ini kita bisa mengimplementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari.


وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. QS. Al-A'raf : 180

Demikian doa-doa mustajabah, doa yang cepat terkabul oleh Allah SWT telah kita simak bersama-sama, semoga Allah selalu mengabulkan seluruh doa kita agar kita bisa lebih dekat kepada Allah SWT. Aamiin.

Wassalam...

Subscribe to receive free email updates: